Accordion Menu

Follow

18 Oktober 2014

Tugas Ke-6 Arsitektur Basis Data

andika     00.09     0

1. Jelaskan secara singkat definisi DBMS,RDBMS dan perbedaanya

Jwb:
DBMS atau (Database Management System) merupakan software yang membantu pengguna dalam memanipulasi isi database mulai dari pembuatan, pengaksesan, perawatan, dan pengontrol setiap data yang ada. Database Management System atau sering disingkat menjadi (DBMS) diciptakan untuk menyediakan mekanisme penyimpanan data bersama,
baik bagi user-user maupun program-program.Tugas utama bagi DBMS adalah untuk menyediakan fungsi pendefinisian data bagi user untuk mengakses dan merubah data yang tersimpan. Di luar fungsi utamanya, DBMS juga dituntut untuk memiliki kemampuan untuk mengamankan data dari user yang tidak berkepentingan, perbaikan bagi kegagalan sistem. Sedangkan RDBMS atau (Relationship Database Management System) adalah sebuah sistem yang secara otomatis menyatukan semua DBMS yang saling berhubungan. RDBMS biasanya menggunakan 4th Generation Languange (4GL) dan sangat fleksibel sehingga data dapat dimodifikasi dengan mudah, demikian pula dengan struktur databasenya.  RDBMS merupakan salah satu jenis DBMS yang mendukung adanya relationship atau hubungan antar tabel.


2. Sebutkan berbagai jenis perangkat lunak DBMS baik yang bersifat comersil maupun open source!
Jwb:
Software DBMS yang bersifat open source yaitu:
- MySQL
- PostgreSQL
- Dll

Software DBMS yang bersifat Komersial yaitu:
- FireBird
- Oracle
Microsoft SQL Server- Foxpr- Dll


3. Jelaskan Secara Singkat perbedaan antara
  • DDBMS
  • CDBMS
  • Paralel Database
Jwb:
- DDBMS adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengatur basis data terdistribusi dan membuat pendistribusian data secara transparan,selain itu DDBMS memiliki satu logika basis data yang di bagi kedalam beberapa fragment. 
- CDBMS (Centralized Database manajemen Sistem) Pada sistem ini semua proses utama dan fungsi sistem manajemen basis data sepert user application programs dan user interface programs berada secara terpusat di satu komputer berkecepatan dan kapasitas tinggi (main frame). pengguna mengakses basis data menggunakan terminal komputer. 
-DBMS Parallel adalah DBMS yang berjalan pada multiple prosesor dan disk yang didesain untuk mengeksekusi operasi dengan paralel, bila mungkin, untuk meningkatkan performa, untuk memperbaiki kinerja dari DBMS. Paralel DBMS menghubungkan beberapa mesin yang berukuran kecil untuk menghasilkan keluaran sebuah mesin yang berukuran besar dengan skalabilitas yang lebih besar dan keandalan dari basis datanya. Untuk menopang beberapa prosesor dengan akses yang sama pada satu basis data, DBMS paralel harus menyediakan manajemen sumber daya yang dapat diakses bersama.

4. Jelaskan secara singkat:
- Back End
- Front End
- ODBC
- Level dalam Arsitektur DBMS

Jwb:
*Back End adalah Sebuah database back-end adalah database yang diakses oleh pengguna secara         tidak langsung melalui aplikasi luar daripada dengan pemrograman aplikasi yang tersimpan dalam     database itu sendiri atau dengan manipulasi tingkat rendah dari data.
*Front End adalah database yang diakses oleh pengguna secara tidak langsung melalui aplikasi luar daripada dengan pemrograman aplikasi yang tersimpan dalam database itu sendiri atau dengan manipulasi tingkat rendah dari data.
*Front ODBC adalah Open Database Connectivity (disingkat menjadi ODBC) adalah sebuah standar terbuka untuk konektivitas antar mesin basis data. Standar ini menyediakan API yang dapat digunakan untuk menjalankan dan mengoneksikan sebuah aplikasi dengan sebuah sistem manajemen basis data (SMBD). Para desainer ODBC membuatnya dengan tujuan agar ODBC terbebas dari penggunaan bahasa pemrograman tertentu, sistem manajemen basis data tertentu.
*level Arsitektur DBMS:
Ø  Level fisik merupakan level yang paling bawah. Pada level ini memperlihatkan bagaimana  sesungguhnya data disimpan.
Ø  Level Konseptual Level ini menggambarkan bagaimana sebenarnya basis data disimpan dan berhubungan dengan data lainnya.
Ø  Level View Level abstaraksi ini hanya menunjukkan sebagian dari basis data.  Pada umumnya pengguna tidak melibatkan secara langsung sehingga pengguna hanya melihat data sesuai dengan yang dibutuhkan.


Author: andika

Hello, I am Author, decode to know more: In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. In commodo magna nisl, ac porta turpis blandit quis. Lorem ipsum dolor sit amet.

0 komentar:

1. Jangan pernah menuliskan alamat web site anda di komentar.
2. Jangan pernah menuliskan komentar yang sama.
3. Jangan pernah menggunakan kalimat yang tidak sopan.
4. Terima kasih.

© 2014 Misteri VS Ilmiah. Designed by Bloggertheme9 | Published By Gooyaabi Templates. Powered by Blogger.